PERMAKLUMAN IKB FLOBAMORA BALI

Menyikapi permintaan perwakilan Ketua-ketua Unit Ikatan Keluarga Besar se-Flobamora Bali, maka Badan Pengurus  Inti Flobamora mengadakan rapat khusus di Sekretariat Flobamora Bali, Selasa 12 Desember 2017 dan menghasilkan keputusan serta permakluman sikap organisasi sebagai berikut:

 

  1. Ikatan Keluarga Besar (IKB) Flobamora Bali adalah paguyuban warga Bali keturunan Nusa Tenggara Timur di Bali yang berdiri sejak 15 September 1987 (kelanjutan dari IKB NTT yang didirikan pada tanggal 26 Februari 1976). IKB Flobamora Bali diakui keberadaannya oleh Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Provinsi NTT serta tergabung dalam Forum Komunikasi Paguyuban Etnis Nusantara (FKPEN) Bali.

 

  1. IKB Flobamora Bali merupakan induk dari 26 unit ikatan keluarga dan perhimpunan warga Bali yang berasal dari 22 kabupaten / kota di Provinsi NTT dan memiliki tiga organ organisasi: Komunitas Jurnalis Flobamora Bali (KJF), Badan Hukum dan Hak Asasi Manusia (BAHU HAM) Flobamora Bali, dan Satuan Tugas (Satgas) Flobamora Bali.

 

  1. IKB Flobamora Bali sebagaimana diamanatkan dalam AD/ART dan program kerja tahunan yang disahkan melalui rapat pleno, menegaskan lingkup pelayanan dan lokasi pelay
    Gubernur Bali I Made Mangku Pastika menerima kunjungan silahturami Pengurus Flobamora Bali

    anannya adalah warga NTT  yang berdomisili di Bali. Saling membantu dan menolong dalam hal positif  jika ada warga yg mengalami musibah, kesusahan dan memerlukan bantuan lainnya. Pertama dan terutama adalah menjaga harkat dan martabat warga Flobamora Bali.

 

  1. IKB Flobamora Bali menghormati hak dan kebebasan orang per orang maupun kelompok untuk berorganisasi, menyatakan pendapat dan berekspresi asal sesuai fakta dan dapat mempertanggungjawabkan serta selama itu sesuai dengan norma-norma dasar yang berlaku di masyarakat.

 

  1. IKB Flobamora Bali menuntut pertanggungjawaban dan klarifikasi pada orang perorang yang mengucapkan kata-kata “ORANG NTT BODOH” yang kemudian menjadi viral di media sosial yang berakibat adanya stigma/label baru terhadap semua orang NTT di mana saja berada.

 

  1. IKB Flobamora Bali sejak tahun 2016 telah meminta semua  warga Flobamora di Bali  untuk berhenti menghina NTT. Barangsiapa yang menghina harkat dan martabat orang NTT harus sanggup bertanggung jawab. Jika terbukti harus meminta maaf dengan tulus secara terbuka kepada masyarakat NTT yang merasa terhina.

 

  1. IKB Flobamora Bali, menugaskan Bpk Agus Dei Segu Ketua II BP IKB Flobamora beserta ketiga organnya: KJF, BAHUHAM dan SATGAS Flobamora Bali untuk mengusut dan menyelesaikan secara hukum baik secara perdata maupun pidana penyampaian dan perbuatan yang menghina harkat dan martabat orang NTT yang telah menjadi stigma baru bagi orang NTT.

 

  1. IKB Flobamora Bali sebagai organisasi masyarakat asal NTT di Bali dalam berinteraksi dan membangun komunikasi mengutamakan keadaban publik, kesetaraan dengan mengacu kepada kearifan lokal orang Bali dan NTT. Pergerakan dan kegiatan oganisasi harus selalu sesuai dengan marwah organisasi: kekeluargaan dan koordinasi, terencana, terukur dan harus terealisasi. Dari sebab itu, IKB Flobamora Bali dengan tegas meminta orang per orang maupun komunitas tidak sembarangan menggunakan kalimat yang dapat diartikan mengatasnamakan atau mewakili warga NTT di Bali tanpa komunikasi dengan Badan Pengurus Flobamora Bali.

 

  1. IKB Flobamora Bali menghimbau setiap warga dan kelompok asal NTT di Bali agar menjaga tata krama dalam penyampaian pendapat di depan publik dan media sosial serta membangun komunikasi dengan IKB Flobamora Bali sebagai rumah besar bersama warga NTT di Bali. Karena itu IKB Flobamora Bali menganjurkan kepada kelompok warga NTT yang ingin menyalurkan aspirasi di luar Flobamora Bali  menggunakan otoritas pribadi tidak mengklaim mewakili warga NTT di Bali.

 

  1. IKB Flobamora Bali meminta kepada semua warga NTT di Bali agar tidak  lagi menimbulkan kegaduhan yang tidak perlu. Menyebar informasi di media sosial yang tidak sesuai fakta (klaim, pelintir dan sejenisnya) yang menyesatkan opini publik. Hilangkan sikap arogan. Sampaikan aspirasi dengan pekedek pekenyem. Di mana bumi dipijak di sana langit dijunjung.

Terima kasih

Denpasar, 12/12/2017

IKB FlOBAMORA BALI

  Fredrik Billy                                                 Yosep Yulius Diaz

    Sekretaris Umum                                                 Ketua Umum

 

Tembusan :

  • Para Ketua Ikatan Keluarga se-Flobamora Bali.
  • Penasihat Flobamora Bali
  • Badan Pengurus IKB Bali
  • Arsip
Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com